Ukuran Kertas F4

Ukuran Kertas F4 kerap kali jadi permasalahan di dunia printing dan pengetikan, karena dalam Microsoft Office sendiri ukuran F4 tidak ada, baik pada versus sebelumnya sampai sekarang. Entahlah mengapa ukuran kertas F4 dihilangkan, bisa jadi ukuran kertas F4 ialah ukuran kertas cuman berada di Indonesia. Kertas F4 kerap disebutkan Folio,

Ukuran F4 21 cm x 33 cm, ada banyak produsen kertas seperti PaperOne memakai ukuran 21.6 cm x 33 cm. Sebetulnya itu tidak jadi masalah karena hanya beda lebar 6 mm saja.

Dalam pengetikan dan Print seharusnya ukuran kertas pada Microsoft Word di ganti jadi costum size 21.5 cm x 33 cm karena ukuran Legal pada Microsoft Word sendiri ialah 21.59 cm x 35.56 cm tentu saja ini selisihnya lumayan jauh . Maka tulisan pada bawah halaman cocok ingin di print tidak masuk ke tempat kertas F4.

Ukuran Kertas F4 Standard & Letter

ukuran kertas f4 folio dan legal

Tabel Perbedaan Folio dan Legal Kalaulah di saat kita Print baru di ubah hasilnya dapat berantakkan. Karena itu cematilah saat sebelum menulis Pekerjaan atau Laporan Kerja. Bisa jadi kita rugi karena kekeliruan kita sendiri. Karena beberapa Tempat Print masih lumayan pemula dengan ukuran kertas ini

Tabel Ukuran Kertas F4 Pixel

Kertas F4LebarTinggi
72 DPI595 px935 px
96 DPI793 px1247 px
150 DPI1240 px1948 px
300 DPI2481 px3897 px

Cara Memilih Kertas F4 dengan Benar

Bila kamu membutuhkan kertas F4 untuk cetak document F4 yang kamu punyai, sebaiknya kamu pilih kertas dengan benar dan baik. Ingat di luaran sana ada banyak merek dan tipe kertas F4. Berikut Mamikos tambah panduan dalma pilih kertas F4 secara benar.

  1. Lihat merek kertas

Selainnya gramasi, kamu perlu memerhatikan merek kertas F4 saat sebelum memilih untuk membeli. Masing-masing merk umumnya mempunyai harga yang berbeda. Disamping itu, kualitas dari kertasnya bervariatif. Ada kertas yang kualitas baik dan ada yang biasa saja hingga gampang sekali hancur.

  1. Lihat warna dan bahan

Paling akhir, janganlah lupa untuk memerhatikan warna dari kertas F4 yang bakal dibeli. Ada banyak warna dari kertas F4 yang dipasarkan di pasar, dimulai dari warna kuning, merah muda, biru, dan hijau. Tetapi, biasanya warna kertas yang tersering dipakai ialah warna putih.

  1. Lihat gramasi dari kertas F4

Gramasi atau GSM ialah berat dari satu kertas. Biasanya ada banyak kertas F4 dengan ukuran yang berbeda. Tetapi umumnya ukuran yang kerap dipakai ialah tipe 70 GSM. Tetapi, ada pula tipe kertas yang gramasinya 60 GSM dan 80 GSM.

Saat sebelum kamu beli kertas F4, ada baiknya kalau kamu tentukan lebih dulu kurang lebih mana yang akan diperlukan oleh beberapa orang. Biasanya tipe 60 dan 70 GSM sering dipakai di foto copy. Seterusnya untuk tipe yang 80 GSM sering dipakai di kantor untuk cetak document penting.

Cara Mengganti Ukuran Kertas f4

Biasanya, setiap kertas mempunyai ukuran dan tipe yang berbeda. Hingga umumnya dibutuhkan penataan lebih dulu saat akan memakainya. Ini sama dengan pemakaian kertas F4, di mana umumnya telah tersemat sebagai opsi di word atau excel. Tetapi, bila di komputer kamu tidak ada atau memang belum ada, karena itu kamu dapat ikuti beberapa langkah berikut untuk atur ukuran kertas pada Microsoft Word, Excel atau PDF.

Cara Mengganti Ukuran Kertas F4 di Word

Saat kamu ingin cetak document di Microsoft Word, kadang kamu akan kesusahan karena ukuran kertas yang diharapkan tidak tercatat. Bila document yang kerap kamu bikin memakai F4, karena itu ada baiknya kalau kamu menambah sebuah ukuran dalam perincian kertas di Word kamu. Tentu saja ini akan memudahkan kamu saat ingin menggunakan ukuran F4, karena kamu perlu click menu lay-out lalu tentukan poin Size pada Page Setting dan tentukan F4 (Folio). Nach, berikut cara mengganti ukuran F4 di Word

  • Pada halaman Ms Word silakan tentukan menu “Page Lay-out”, selanjutnya tentukan “Size” dan tentukan “More Parer Sizes”.
  • Dalam menu “paper size”, silakan tukar jadi “kustom size”.
  • Selanjutnya ganti ukuran width jadi 21,59 cm dan height jadi 33 cm, atau dalam inchi yakni width jadi 8,5″ dan height jadi 13″. Seterusnya, click “OK”.
  • Ukuran halaman kertas Word kamu juga sudah beralih menjadi HVS atau F4.

Cara Mengganti Ukuran Kertas F4 di Excel

Serupa dengannya dengan program Microsoft Excel, bila kamu memerlukan kertas dengan ukuran F4 karena itu kamu juga bisa mengatur ulangi lebih dulu. Kamu dapat ikuti beberapa langkahnya berikut ini.

  • Membuka program Microsoft Excel yang telah ada
  • Tentukan menu ‘Page Layout’ di bagian atas kertas
  • Selanjutnya, pilih ‘Size’ untuk menyaksikan ukuran yang ada dari Excel
  • Seterusnya, kamu dapat pilih ‘Folio’ untuk memakai kertas F4. Karena Folio sebagai panggilan lain untuk kertas F4 ini
  • Kemudian, kamu juga bisa atur status kertas sama sesuai keperluan. Ada opsi portrait dan landscape.
  • Paling akhir, kamu bisa mengeklik ‘Ok’ untuk menuntaskan penataan dan simpan penataan yang telah dilaksanakan.

Cara Mengganti Ukuran Kertas F4 di PDF

Biasanya, saat kamu akan cetak document PDF dari Program Adobe Reader karena itu secara automatis document akan terseting dalam ukuran atau size kertas A4 kuarto. Tetapi, kadang kamu juga perlu cetak document pdf itu dalam ukuran folio atau persisnya F4. Bila kamu sedang pada kondisi begitu, kamu kemungkinan dapat ikuti beberapa langkah berikut ini untuk mengganti ukuan kertas jadi F4 pada Program Adobe Reader.

  • Pada program adobe reader, click menu “file”dan “print”
  • Selanjutnya mencari “page setting”
  • Pada page setting, ganti paper size ke Legal, atau tentukan kertas bila kamu telah memiliki seting ukuran F4 di computer kamu.
  • Berikan pertanda pada radio bottom Kustom scale, selanjutnya ganti nilai yang 100% ke 90%
  • Click Print.

Selesai, Semoga bermanfaat

Baca Juga : Convert PDF ke Word